Tuesday, September 15, 2009

Bernuansa Bali Berasa Ruang Terbuka


Suasana Bali dapat dijadikan inspirasi untuk membangun tata ruang di rumah. Lorong semi terbuka berikut ini terinspirasi suasana Pulau Dewata


Berjalan-jalan ke sebuah daerah, menginap di sebuah resor atau hotel, tak hanya menjadi ajang relaksasi. Dari perjalanan ini pula, Anda bisa mendapat banyak ide untuk mendekorasi rumah.

Salah satu contohnya terlihat pada lorong di foto ini. Inspirasi datang dari Pulau Bali, tempat wisata favorit pemilik rumah. Lorong ini menghubungkan ruang publik, di lantai bawah dengan tangga menuju ruang privat, di lantai dua.

Nuansa Bali terasa kental, antara lain dengan penggunaan balutan kain tradisional Bali pada tiang-tiang kayu penyangga atap. Motif daun diaplikasikan pada lantai untuk menambah semarak. Lantai semen tanpa finishing, dinding plester ekspos, material kayu untuk kisi-kisi atap, dan kayu kelapa untuk tiang penyangganya. Ditambah lagi dengan taburan koral di tepi lorong.

Selain suasana natural dari material pembentuknya, lorong ini juga terasa natural dengan masuknya banyak sinar matahari. Lorong ini memang tampak seperti berada di ruang terbuka, padahal sama sekali tidak. Bagi Anda yang ingin menciptakan suasana ruang luar, tanpa perlu repot ketika hujan turun, contek saja ide lorong ini.

Atap berupa kisi-kisi kayu memungkinkan cahaya matahari masuk dengan leluasa. Untuk melindunginya dari air hujan, atap ini dilapisi kaca transparan setebal 8 mm. Dengan demikian, terciptalah lorong dalam ruangan bersuasana luar ruangan.

sumber: www.ideaonline.co.id