Monday, August 8, 2011

something wrong...

Lupa awalnya gimana. Yang pasti ada keluarga (msh sepupu) yang tiba2 menghampiri dan ngajakin usaha tambak ikan nila di daerah. Gw sih ga langsung percaya gitu, apalagi ini keluarga dari suami, yang gw ga kenal siapa dan bagaimana sifat dan karakternya. Yahh.. gw kan cuma kenal luarnya ajah. Tapi berhubung suami percaya dan tau sosok ini, akhirnya suami mengiyakan. Yahhh.. mo gimana lagi ya.. Duit juga duitnya kan. :)

Ga banyak2 yang kita bikin. Cuma 2 kolam ajah. Namanya juga masih coba-coba. Kalo ga salah modal awal 19juta untuk bikin kolam, beli bibit ikan dan pakan 1 bulan. Nah bulan januari beli pakan pertama kita setor 500rb (2 kolam). Pokoknya total2nya 25 juta. Nah perkiraan panen itu bulan juni, dan akhirnya mundur jadi juli. Menurut gw masih wajar lah.

Nah akhirnya bulan juli, panen lah kita. Suami nanya2 brp hsl panennya. Selalu dijawab dengan "Kita ketemu aja dulu". Atau "Ada yang mau kita bicarakan". Lha.. wong itu ikan2 gw.. duit2 gw.. berapa pun hasilnya harusnya jangan diundur2 gini dong. Dua minggu setelah panen, kitapun bertemu merekalah. Tepatnya sih hanya suami seorang diri. Dan setelah mereka hitung2 ternyata yg kita dapet cuma 13jt. WhaaaaaTTTttt...???
Jauh banget dari perkiraan, dan pembicaraan. Menurut mereka diawal, kalo panen 1 kolamnya kita akan mendapat hasil panen 21jt. HeeeeeEEee.. ini kok cuma 13jt?????
Grrrgggrrrr...

Menurut mereka ni...
Waktu bulan Februari kan musim ujan tu, jadi ikan banyak yang mati. Jadi deh yang 2 kolam itu, cuma tinggal 1 kolam. Nah, tapi mrk langsung beli bibit ikan lagi untuk kolam yang kosong itu. Tapi, kenapa mereka ga kasi tau kita??? Dan kenapa diakhir2 panen mereka pun minta uang pakan lebih banyak dengan alasan ikan bertambah besar jadi makan pun lebih banyak.

Perhitungannya begini.
Hasil panen 1200 x 17000 = 20400000. Satu kolam karena dari 10rb bibit pertama tinggal sedikit karena pada mati. Jadi bulan april dibeli bibit lagi untuk ngisi 1 kolam yang kosong. Bibit 5000 ekor dan pakan sampai bulan ini potong penjualan 7jt. Makanya total jadi 13jt.

Weizz banyak yang aneh disini.
1. Kenapa mereka ga lapor, kl bulan 2 banyak ikan yg mati
2. Kenapa bulan 2 pada mati trs baru dibeli lagi bibit bulan 4. Anehhh...!!
3. berarti selama 2 bulan kita seharusnya cuma ngasi makan 1 kolam, tapi kenapa duit pakan nya tambah terrruuuusss...???
4. Sampai sekarang udah 1 bulan lewat dari panen, uang pakan pun belum diminta. Anehh lagi..!! Padahal masih ada 1 kolam yang nunggu panen di bulan 10.

Gw mau liat nanti bulan oktober. Gw akan keluarkan unek2 gw nanti...
Liat sajah!!